Rabu, 28 September 2011

PRILAKU ORGANISASI

jasmileff@gmail.com
BAB I
PENDAHULUAN

A.    PENGERTIAN DAN PENTINGNYA MANAJEMEN

1.      Pengertian Manajemen

Manajemen adalah suatu proses untuk mewujudkan tujuan yang diinginkan atau dengan kata lain adalah untuk mengatur proses yang hendak dicapai. Yang diatur adalah semua unsur-unsur manajemen yang terdiri dari men, money, methods, material, machines and market dan semua aktivitas yang ditimbulkannya dalam proses manajemen itu. Kenapa diatur agar 6 M itu lebih berdaya guna dan berhasil guna, terintegrasi dan terkoordinasi untuk mencapai tujuan yang optimal. Cara mengaturnya adalah perencanaan, pengorganisasian, pengarahan dan pengendalian Pengaturan manajemen dapat dilakukan didalam suatu organisasi,karena merupakan wadak tempat kerja sama, proses manajemen, pembagian kerja, koordinasi, delegation of authority, dan integrasi untuk mencapai tujuan.  Manajemen dan organisasi adalah alat untuk mencapai pelayanan dan atau laba (profit) sebagai tujuan yang ingin dicapai. Mismanagement harus dihindari agar tidak mengakibatkan kerugian, pemborosan bahkan tujuan tidak akan tercapai. Beberapa pendapat tentang manajemen:
1)      Drs.P.Malayu SP.Hasibua
Manajemen adalah ilmu dan seni mengatur proses pemamfaatan sumber daya manusia dan sumber daya lainnya secara efektif dan efesien untuk mencapai suatu tujuan tertentu.
2)      Andrew F.Sikula
Manajemen berkaitan dengan aktifitas perencanaan, pengorganisasian, pengenendalian, penempatan, pengarahan, pemotifasian, komunikasi, dan pengambilan keputusan yang dilakukan setiap organisasi dengan tujuan untuk mengkoordinasikan berbagai sumber daya yang dimiliki oleh perusahaan sehingga akan dihasilkan suatu produk atau  jasa secara efesien.
Dari beberapa pendapat dapat disimpulkan tentang manajemen adalah:
a.   Manajemen mempunyai tujuan yang ingin dicapai
b.  Manajemen merupakan perpaduan antara ilmu dengan seni
c.   Manajemen merupakan proses yang sistematis, terkoordinasi, koperatif, dan terintegrasi
d.  dalam memamfaatkan unsure-unsurnya ( 6M)
e.   Manajemen baru dapat diterapkan kalau ada dua orang atau lebih melakukan kerjasama
f.   dalam suatu organisasi
g.   Manajemen haus didasarkan pada pembagian kerja,tugas dan tanggung jawab
h.  Manajemen terdiri dari beberapa fungsi
i.    Manajemen hanya merupakan alat untuk mencapai tujuan

1.      Pentingnya Manajemen
1)      Karena pekerjaan itu berat dan sulit dilakukan sendiri, maka perlu pembagian kerja,tugas dan tanggung jawab dalam penyelesaiannya
2)      Agar diperoleh hasil yang baik
3)      Meningkatkan daya guna dan hasil guna semua potensi yang dimiliki.

Manajemen ada sejak adnya pemimpin / pengatur dan bawahan yang diatur untuk mencapai tujuan bersama. Manajemen mulai berkembang th.1856 didorong oleh :

1)      Terjadinya pemisahan antara RTK dan RTP serta penawaran menciptakan permintaan dan produksi missal semakin berkembang
2)      Timbulnya persaingan yang tajam diantara RTP-RTP, sehinggan mengharuskan setiap RTP bekerja lebih efektif dan efesien agar produksinya dapat bersaing dipasaran
3)      Persediaan factor-faktor produksi yang semakin berkurang, sehingga timbul persaingan –persaingan antara RPT-RTP untuk mendapatkannya
4)      Adanya kemajuan teknik yang cepat, mengakibatkan timbulnya revolusi industri
5)      Timbulnya serikat-serikat buruh yang menuntut adanya perbaikan-perbaikan jaminan social, jaminan keselamatan kerja, perpendekan jam kerja, dan penolakan kerja paksa

Manajemen dapat diterapkan apabila:
1)      Ada tujuan bersama dan kepentingan bersama yang hendak dicapai
2)      Ada kerjama diantara sekelompok orang dalam ikatan formal dan ikatan tata tertib yang baik
3)      Ada pembagian kerja, tugas dan tanggung jawab yang teratur
4)      Ada hubungan formal dan ikatan kerja yang tertib
5)      Ada sekelompok orang dan pekerjaan yang akan dikerjakan
6)      Ada organisasi
7)      Ada wewenang( authority) dan tanggung jawab ( responsibility) dari setiap individu anggota
8)      Ada koordinasi, integrasi, dan singkronisasi dari proses manajemen tersebut
9)      Ada pemimpin dan bawahan
10)  Ada relationships in organization dan human organization
11)  Ada the nature of men and  the nature of organization
12)  Ada komunikasi dan delegation of authority
A.    FILSAFAT DAN ASAS-ASAS MANAJEMEN

1.      Filsafat Manajemen
F.R Taylor mengatakan dalam filsafat manajemen manejer akan lebih bertanggung jawab dalam perencanaan dan pengendalian serta dalam menafsirkan kepandaian-kepandaian para pekerja dan mesin-mesin menurut aturan dan hukum yang ada.
Manfaat filsafat manajemen:
1)      Dasar dan pedoman bagi pekerjaan manejer
2)      Memberikan kepercayaan dan pedoman bagi menejer dalam proses manajemen untuk mencapai tujuan
3)      Memberikan dasar dan pedoman berpikir efektif bagi manajer.
Penerapan filsafat manajemen
1)      Filsafat yang berbeda-beda berkembang, untuk itu manajemen diterapkan dalam keadaan yang berbeda-beda.
2)      Perbedaan personalitas setiap manejer
3)      Perbedaan dalm hal penilaian terhadap manusia
Para perintis ilmu manajemen. Frederick Winslow Taylor (1856-1915) orang pertama yang menemukan ide dan menetapkan dasar-dasar ilmu manajemen. Menurut beliau asas-asas dasar ilmu menejemen dapat dipakai untuk segala macam kegiatan manusia. Menurut F.W.Taylor asas-asas manajemen sebagai berikut
1)      Pengembangan metode-metode kerja yang terbaik
2)      Pemilihan serta pengembangan para pekerja
3)      Usaha untuk menghubungkan serta mempersatukan metode kerja yang terbaik serta para pekerjan yang terpilih dan terlatih
4)      Kerjasama yang harmonis antara manejer dan non manejer

 Selanjutnya Henry Fayol Mengembangkan pandangan-pandangan tentang manajemen sebagai suatu hal yang terdiri fungsi-fungsi Plenning,organizing, coordinating, commanding dan controlling. Menurut Fayol kegiatan –kegiatan dalam usaha industri dapat dibagi dalam 6 bagian :
1)      Teknik(produksi)
2)      Komersial( pembelian, penukaran dan penjualan )
3)      Finansial yaitu mencari modal dan pemamfaatannya secara optimal
4)      Keamanan yaitu perlindungan terhadap hak milik dan kesehatan orang –orang
5)      Pembukuan dan statistic
6)      Manajemen meliputi perencanaan, pengorganisasian,pengkoordinasian, pengarahan dan pengendalian

Sifat-sifat yang harus dimiliki oleh seorang manajer adalah:
1)      Sehat jasmani, giat dan tangkas
2)      mempunyai mental yang baik, bias memahami dan belajar, sanggup memulai tangkas berpikir, dan sanggup menyesuaikan diri
3)      Edukasi yaitu mempunyai latar belakang pendidikan yang luas baik umum maupun pengetahuan khusus yang sesuai dengan fungsinya.
4)      Mempunyai pengalaman sesuai dengan bidang tugas diatas

2.      Asas-asas Manajemen
Asas bukanlah hukum atau dogma, tetapi hanya merupakan hipotetis yang harus diterapkan secara fleksibel, praktis,relevan dan konsisten untuk menghindari atau mengurangi kesalahan-kesalahan dasar dalam menjalankan pekerjaannya
Asas-asas umum manajemen (general principiles of management) menurut  Henry Fayol:
a.      Devision of work( asas pembagian kerja) hal ini penting karena adanya keterbatasan manusia dalam mengerjakan semua pekerjaan seperti, keterbatasan waktu, keterbatasan ilmu pengetahuan , keterbatasan kemampun keterbatasan perhatian
b.     Authority and Responsibility (pembagian wewenang dan tanggung jawab)
c.      Disipline ( Disiplin harus dimiliki setiap orang sehingga terjadi saling menghormati dan melaksanakan pekerjaan dengan baik
d.     Unity of  Command yaitu seorang bawahan hanya menerima perintah dari seorang atasan sementara seorang atasan bisa memerintah beberapa orang bawahan
e.      Unity of direction yaitu setiap orang (sekelompok ) bawahan hanya mempunyai satu rencana, satu tujuan, satu perintah dan satu atasan supaya tewujud kesatuan arah, gerak dan kesatuan tindakan menuju tujuan yang sama
f.      Subordinantio of Individual interest into general interest yaitu dalam organisasi harus mendahulukan kepentingan bersama daripada kepentingan pribadi
g.      Remuneration of personnel yaitu hendaknya gaji dan jaminan-jaminan social harus adil, wajar dan seimbang dengan kebutuhan sehingga memberikan kepuasan yang maksimal bagi bawahan dan atasan
h.     Centralization yaitu setiap organisasi harus mempunyai pusat wewenang
i.       Scalar of chain yaitu perintah harus berjenjang dari atas ke bawah
j.       Order yaitu keteraturan penempatan baik barang-barang oraganisasi maupun karyawan harus sesuai dengan kebutuhannya
k.     Equity yaitu Pemimpin harus berlaku adil terhadap semua bawahan dalam memberikan gaji, jaminan social, pekerjaan dan hukuman
l.       Initiative yaitu seorang pimpinan harus memberikan dorongan dan kesempatan kepada bawahannya untuk berinisiatif.
m.   Esprit de Corps yaitu kesatuan kelompok harus dikembangkan dan dibina melalui system komunikasi yang baik
n.     Stability of Turn-over of Personnel yaitu kestabilan jabatan karyawan harus dipikirkan.


PERBANDINGAN PENDAPAT ANTARA F.W.TAYLOR Dengan HENRY FAYOL
1.     Shop level management ( orientasinya dari tingkat bawah ke atas ) sedangkan Henry Fayol dari atas kebawah ( Top level Mangement)
2.     Production Oriented ( peningkatan produksi secara langsung, cenderung menymakan mesin dengan manusia) sedangkan Henry Fayol  peningkatan produksi secara tidak langsung(Human Oriented)
3.     Pencipta Organisasi Fungsional( fungsionalisasi pada level operasi, berdasarkan spesialisasi, karena pemisahan fungsi perencanaan dari fungsi operasi pelaksana.sedangkan Henry Fayol Pencipta organisasi Lini ( pemusatan wewenang pada tingkat pimpinan organisasi
4.     Ruang Lingkup Teori Manajement ( skop teori manajemen sempit dan sering disebut manajemen pabrik dan dikenal sebagai bapak Scientific Manajemen) sedangkan Henry Fayol skop manajemen dikembangkan lebih luas dikenal sebagai Bapak manajemen modern

A.    ILMU DAN SENI MANAJEMEN
Ilmu (science) adalah sekumpulan pengetahuan yang telah disistematisasikan dasar pemikiran, keyakinan dan pedoman pemecahan problem, pelaksanaannya fleksibel serta disesuaikan dengan situasi ,kebutuhan dan keadaan-keadaan khusus, Science management adalah suatu kumpulan pengetahuan yang disistematisasi, dikumpulkan, dan diterima menurut pengertian kebenaran-kebenaran universal mengenai manajemen. Scientific management adalah manajemen yang menggunakan ilmu sedangkan scientific method adalah suatu pendekatan yang tepat terhadap suatu objek ilmu dan tujuan utamanya adalah menambah pengetahuan yang sudah ada.

Ciri-ciri Scientific management adalah:
  1. Tersusun secara sistematis
  2. Dapat dipelajari dan disiarkan
  3. Mengunakan metode-metode ilmiah
  4. Dapat dijadikan suatu teori
  5. Objektif dan rasional

Scientific manager adalah manager yang menggunakan science dan scientific method dalam memimpin kegiatan bawahannya. Seni (Art) adalah sesuatu kreativitas pribadi yang kuat dan disertai keterampilan, Manajer adalah seorang ilmuan sekaligus seniman

Perbedaan antara science dan art :
  1. Ilmu berkembang secara teoritis seni secara praktis
  2. Ilmu membuktikan, seni merasa
  3. Ilmu meramalkan, seni menerka
  4. Ilmu memberikan defenisi, seni menguraikan (mengajarkan)
  5. Ilmu memberikan kepastian, seni memberikan pendapat

Pendekatan ilmu menurut para ahli ada dua macam :
  1. Pendekatan klasik yaitu
-          memfokuskan analisis spesialisasi dan peguraian yang sifatnya mikro
-          Penggunaannya unidimensi, cendrung pada hal-hal terbatas
-          memfokuskan pada internal
  1. Pendekatan modern yaitu
-          memfokuskan teori dengan penguraian kepada perpaduan dan perencanaan sifatnya makro 
-          Cenderung pandangannya multidimensi (penggunaannya pada hal yang luas)
-          Pendekatannya internal dan eksternal
-           
Metode adalah cara-cara pelaksanaan kerja dengan seefisien mungkin, Prosedur kerja adalah tata kerja yang merupakan suatu rangkaian yang harus ditempuh dalam menyelesaikan suatu bidang tugas Sistem adalah suatu proses yang terdiri dari berbagai unsure yang satu sama lain berkaitan secara structural dan fungsional

BAB II
TUJUAN, BIDANG DAN MAZHAB MANAJEMEN

A.    TUJUAN MANAJEMEN
Tujuan manajemen adalah hasil yang diinginkan yang melukiskan skop yang jelas, serta memberikan  arah kepada usaha seorang manejer(G.R Terry) mencakup tujuan, skop, kepastian dan arah. Tujuan itu dapat dikaji dari beberapa sudut antara lain:
1.      Menurut tipe-tipenya
a         Profit objectives bertujuan mendapatkan laba bagi pemiliknya
b        Service objectives bertujuan memberikan pelayanan yang baik bagi konsumen
c         dengan mempertinggi nilai barang dan jasa yang ditawarkan kepada konsumen
d        Social objective bertujuan meningkatkan  nilai guna yag diciptakan perusahaan untuk kesejahteraan masyarakat
e         Personal objective bertujuan agar para karyawan secara individual economic, social psychological mendapat kepuasan dibidang pekerjaannya dalam perusahaan
2.      Menurut prioritasnya tujuan dibagi atas:
a         Tujuan primer
b        Tujuan sekunder
c         Tujuan individual
d        Tujuan social
3.      Menurut Jangka waktunya tujuan dibagi atas:
a         Tujuan jangka panjang
b        Tujuan Jangka menengah
c         Tujuan jangka pendek
4.      Menurut sifatnya tujuan dibagi atas:
a         Management objective, yaitu tujuan dari segi efektif yang harus ditimbulkan oleh manajer
b        Mangerial objektif yaitu tujuan yang harus dicapai daya upaya atau kreatifitas-kreatifitas yang bersifat manajerial
c         Administrative objective yaitu pencapaian tujuan dengan administrasi
d        Ekonomice objective yaitu tujuan yang bermaksud memenuhi kebutuhan dan memerlukan efesiensi untuk mencapainya
e         Sosial Objektif yaitu tujuan suatu tanggung jawab moral
f         Technikal objektif yaitu tujuan berupa detail teknis, detail kerja dan detail karya
g         Work objektif yaitu tujuan yang merupakan kerampungan suatu pekerjaan
5.      Menurut tingkatnya tujuan dibagi atas:
a         Overall enterprise objective yaitu tujuan semesta yang harus dicapai oleh badan usaha secara keseluruhan
b        Divisional objectives yaitu tujuan yang harus dicapai oleh setiap divisi
c         Departemetal objectives yaitu tujuan yang harus dicapai oleh masing-masing bagian
d        Sectional objectives yaitu tujuan yang harus dicapai oleh setiap seksi
e         Group objectives yaitu tujuan yang harus dicapai oleh setiap kelompok urusan
f         Individual objectives yaitu tujuan yang harus dicapai oleh setiap individu
6.      Menurut bidangnya tujuan dibagi atas
a         Top level objectives adalah tujuan umum, menyeluruh, dan menyangkut berbagai bidang sekaligus
b        Finance objectives yaitu tujuan tentang moral
c         Production objectives yaitu tujuan tentang produksi
d        Marketing objectives yaitu tujuan mengenai bidang pemasaran barang dan jasa
e         Office objectives adalah tujuan mengenai ketatausahaan dan administrasinya
7.      Menurut motifnya tujuan dibagi atas
a         Public objectives yaitu tujuan yang harus dicapai berdasarkan ketentuan undang-undang Negara
b        Organizational objectives yaitu tujuan yang harus dicapai berdasarkan ketentuan anggaran dasar dan ART dan statuta organisasi
c         Personal objectives yaitu tujuan pribadiyang dalam usaha pencapaiannya sangat dipengaruhi oleh selera atau pandangan pribadi
                                   
Cara menetapkan tujuan yang baik:
  1. Tujuan harus jelas dan ditetapkan berdasarkan hasil analisis data, informasi dan potensi yang dimiliki
  2. Tujuan harus ditetapkan menejar dan minta partisipasi dari karyawan
  3. Tujuan dalam suatu perusahaan harus saling menunjang secara keseluruhan
  4. Tujuan harus mempunyai jangkauan tertentu dan memberikan kepuasan bagi karyawan untuk mengertjakannya
  5. Tujuan harus realistis dan masuk akal
  6. tujuan harus bersifat kontemporer dan inovatif
  7. Tujuan yang ditetapkan bagi setiap individu harus sesuai dengan kemampuannya
  8. Tujuan harus berurutan sesuai dengan kepentingan
  9. Tujuan harus berimbang

A.    BIDANG-BIDANG MANAJEMEN
Bidang-bidang manajemen dikenal atas:
  1. Manajemen sumber daya manusia ( unsure men)
  2. Manajemen permodalan ( unsure money)
  3. Manajemen akuntansi biaya ( unsure materials)
  4. Manajemen Produksi ( unsure machines )
  5. Manajemen Pemasaran (unsure market )
  6. Methods yaitu cara atau system yang dipergunakan dalam setiap bidang manajemen untuk meningkatkan daya guna dan hasil guna setiap unsur manajemen.


A.    MAZHAB-MAZHAB MANAJEMEN
Menurut G.R.Terry mazhab-mazhab manajemen terdiri dari:
  1. Mazhab manajemen berdasarkan kebiasaan
Yaitu memimpin, mengatur, mengambil keputusan, pemecahan penyelesaian masalah dan sebagainya didasarkan atas kebiasaan yang telah dilakukan oleh pihak-pihak lain.
  1. Mazhab manajemen Ilmiah
Yaitu penyelesaian masalah, pengambilan keputusan, memimpin, dlain sebagainya dilakukan berdasarkan metode-metode ilmiah
  1. Mazhab prilaku
Yaitu titik tolak tindakan manejer adalah perilaku manusia.
  1. Mazhab social
Yaitu manajemen dianggap sebagai system social dan system cultural
  1. Mazhab manajemen system
Yaitu system-sistem merupakan intisarinya
  1. Mazhab manajemen Berdasarkan keputusan
Yaitu titik berat mazhab ini terletak pada keputusan-keputusan manjeril
  1. Mazhab pengukuran kuantitatif
Yaitu manajemen adalah sebuah entitas logis yang tindakan-tindakannya dapat dinyatakan dalam bentuk symbol-simbol matematis dan data yang dapat diukur.
Ciri mazhab ini adalah:
    1. mengoptimalkan hasil dari masukan
    2. menggunakan model-model matematis
  1. Mazhab proses manajemen
Yaitu manajemen merupakan serangkaian aktivitas yang terdiri dari sub-sub aktivitas tertentu
  1. Mazhab manajemen menurut keadaan
Yaitu kemungkinan-kemungkinan peristiwa yang mungkin terjadi merupakan hal penting yang harus dipertimbangkan di dalam mempelajari organisasi dan manajemen.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

HARI INI

Fish

Social Networker